BAHAYA MENGKONSUMSI MIE INSTAN YANG BERLEBIHAN

BAHAYA MENGKONSUMSI MIE INSTAN YANG BERLEBIHAN

Mie instan merupakan makanan yang terbuat dari tepung terigu dan juga tepung tapioka yang kemudian diolah sedemikian rupa dan dikemas dengan menambahkan berbagai bumbu instan di dalamnya. Mie instan sering kali dijadikan alternatif makanan bagi orang yang mageran. Tak jarang mie instan dijadikan persediaan makanan untuk anak kost. Karena harganya yang relatif terjangkau dan cara pembuatannya tidak ribet. Mie instan merupakan makanan yang sudah populer di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis merk mie instan, seperti mie indomie yang kini telah tersebar di berbagai negara di dunia, mie sedap, mie sarimi, mie abc, mie lemonilo dan masih banyak yang lainya. Rasa dari mie instan pun berbeda beda. Semakin kesini semakin beragam rasa yang dikeluarkan oleh pabrik mie tersebut.

Bahaya Mie Instan Untuk Kesehatan

Mie instan merupakan mie yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Karena mie ini merupakan makanan yang sangat enak dan juga praktis. Namun dibalik itu, mie instan dapat membawa dampak yang buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Lalu apa saja bahaya yang bisa datang ketika seseorang mengkonsumsi mie instan secara berlebihan? Untuk mendapat jawaban, simak informasi dibawah ini!

  • Menyebabkan obesitas

Terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau sering disebut dengan obesitas. Karena mie ini hanya dapat memberikan rasa kenyang sementara. Dan dengan memakan mie instan saat kamu merasa lapar kamu pasti nungguin makan kembali. Tak hanya itu, faktor lain yang dapat menyebabkan obesitas saat memakan mie instan adalah karena mie ini mengandung kalori dan karbohidrat yang sangat tinggi. Untuk itu kamu sangat tidak dianjurkan untuk memakan mie instan dengan di tambahkan nasi.

  • Mengganggu sistem pencernaan

Terlalu sering memakan mie instan dapat menghambat penyerapan nutrisi. Dan penghambatan penyerapan nutrisi tersebut sangat mengganggu sistem pencernaan. Karena pencernaan sangat memerlukan mineral dan juga nutrisi. Pencernaan yang bermasalah dapat menyebabkan ririko terkena sembelit, kembung hingga penyakit yang serius seperti usus bocor.

  • Dapat meningkatkan risiko terkena kanker

Di dalam mie instan terdapat zat yang berbahaya untuk tubuh. Salah satunya adalah pengawet. Pengawet yang digunakan untuk mie instan biasanya terbuat dari bahan kimia. Dan bahan kimia tersebut mempunyai sifat karsinogenik yang dapat menimbulkan tumbuhnya sel kanker.

  • Mengganggu jadwal menstruasi pada wanita

Bagi para wanita sebaiknya menghindari mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering. Karena mie instan dapat membawa dampak buruk bagi siklus menstruasi wanita. Jika mie instan terlalu sering dikonsumsi maka sodium yang terdapat dalam mie instan akan mengganggu hormonal mens wanita tersebut. Jika hormone tersebut terganggu dapat menyebabkan haid yang kurang lancar dan juga timbul jerawat.

  • Dapat menyebabkan batu ginjal

Selain hal di atas, terlalu sering mengkonsumsi mie instan juga berdampak tidak baik untuk kesehatan ginjal. Karena seseorang yang mengkonsumsi mie instan secara berlebihan cenderung beresiko terkena penyakit batu ginjal. Karena di dalam mie instan terdapat kandungan garam yang cukup tinggi. Yang dimana kandungan garam tersebut dapat memicu pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu sebaiknya mulai saat ini anda mengurangi pengkonsumsian mie instan.

Author

admin@swimmingbookies.com

KONSULTAN SEO TERBAIK DI JOGJA

November 28, 2020