CARA MENGHINDARI PERGAULAN BEBAS 

CARA MENGHINDARI PERGAULAN BEBAS 

Pergaulan bebas merupakan salah satu perilaku menyimpang yang wajib dihindari. Pergaulan bebas biasanya mengarah kepada para remaja. Karena di masa inilah seseorang akan mencari jati dirinya dan mencoba hal-hal baru. Hal baru tersebut yang dianggap bisa membuat dirinya menjadi lebih dewasa. Namun bahkan sampai membawa dampak buruk bagi kesehatan maupun pendidikan. Seiring perkembangan zaman, pergaulan bebas pada remaja semakin mengkhawatirkan. Kecanggihan teknologi yang tersedia membuat remaja mempunyai kebebasan melewati batas. Dengan kecanggihan teknologi memudahkan remaja untuk mengakses informasi yang menyesatkan untuk mereka. 

Pergaulan bebas sebenarnya bukanlah sebuah persoalan yang dapat dilihat secara sekilas saja. Ada beberapa penyebab yang menjadi latar belakang pergaulan bebas tersebut. Seperti kurangnya pengawasan keluarga, lingkungan yang kurang baik. Salah dalam mengakses informasi bahkan salah dalam memilih teman juga dapat mempengaruhinya.  Pergaulan bebas bukanlah hal yang tidak mungkin bisa dihindari. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pergaulan bebas tersebut. Adapun beberapa cara untuk menghindarinya sebagai berikut:

  • Memperkuat pendidikan agama

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari pergaulan bebas yaitu dengan memperkuat pendidikan agama. Anak yang mempunyai dasar pendidikan agama dan moral yang kokoh, tidak akan mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Sebab dia sudah bisa membedakan mana hal yang benar dan mana hal yang salah. Hal ini akan lebih mudah dihindari jika anak sudah mengetahui pendidikan agama dan moral sejak dini.

  • Membentuk karakter yang positif

Hal yang kedua yang bisa dilakukan yaitu dengan membentuk karakter yang positif. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari pergaulan bebas. Dengan karakter yang positif akan menjadikan seseorang dengan pribadi yang kuat dan berpendirian kokoh. Dengan begitu akan membuat seseorang bisa mengendalikan diri dan tidak mudah terbawa arus pergaulan bebas.

  • Selektif dalam memilih teman

Hal yang ketiga yang bisa anda lakukan untuk menghindari pergaulan bebas yaitu selektif dalam memilih teman. Memilih teman yang kurang sesuai akan memudahkan seseorang terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Sebab lingkungan pertemanan sama pentingnya dengan keluarga. Karena mereka merupakan pihak yang sering menjalin relasi dengan seseorang. Untuk itu pilihlah teman yang dapat memberikan pengaruh positif. Dengan begitu akan menghindarkan seseorang terjerumus ke pergaulan bebas.

  • Bangunlah hubungan baik dengan orang tua

Banyak aspek yang dapat menyebabkan remaja terjerumus pada pergaulan bebas. Salah satunya kurangnya komunikasi serta kedekatan dengan orang tua. Hal ini sangat berpengaruh dengan perilaku yang akan dilakukan anak tersebut. Untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan cara membangun hubungan serta komunikasi yang baik dengan orang tua. Dengan begitu orang tua dapat mencegah anak dari pergaulan bebas yang tidak semestinya.

  • Batasi penggunaan media sosial

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih pastinya akan memudahkan remaja untuk mencari berbagai hal. Bahkan teknologi yang semakin canggih juga dapat berdampak negatif jika salah dalam penggunaannya. Seperti dalam penggunaan media sosial yang ada saat ini. untuk menghindari terjadinya pergaulan bebas, remaja diminta lebih selektif dan hati-hati dalam menggunakan media sosial. Lebih baik membatasi penggunaannya jika itu tidak penting.

  • Memperluas pengetahuan

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk menghindari pergaulan bebas yaitu dengan pengetahuan yang luas. Dengan pengetahuan yang luas akan memudahkan seseorang menentukan pilihan hidupnya sendiri. Sebab mereka sudah mengetahui dampak yang terjadi dari pilihannya tersebut.

Author

admin@swimmingbookies.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *