TIPS MEMILIH DAGING AYAM SEGAR YANG BEBAS DARI BORAKS 

Sebagian banyak orang pastinya menginginkan daging ayam yang di beli di pasaran bebas dari boraks bahkan tanpa bahan pemutih bukan. Dengan semakin maraknya penjual yang menginginkan keuntungan dagangannya mengandalkan segala cara salah salah satunya dengan melakukan kecurangan pada ayam yang dijualnya diberikan boraks dan pemutih pakaian, agar ayam dagangannya terlihat segar dan membuat semua orang membeli ayam tersebut. Ayam yang diberi boraks dan pemutih pakaian bila dikonsumsi manusia akan menyebabkan penyakit tumor dan bahkan bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal yang membahayakan. Maka saya sarankan anda bila hendak membeli daging ayam di pasaran yang terhindar dari boraks dan pemutih pakaian, maka amati daging ayam sebagai berikut:

  • Periksa warna ayam

Melakukan pengamatan pada daging ayam merupakan kunci pertama terhindar dari ayam yang diberi boraks. Bila membeli ayam hindari ayam yang berwarna mengkilap, pucat, dan kebiru-biruan. Karena seharusnya daging ayam yang segar berwarna putih keabu-abuan dan cerah cenderung berwarna merah muda.

  • Periksa tekstur daging ayam 

Ayam yang segar apabila ditekan bentuknya akan kembali seperti semula, apabila kulit ayam cenderung terlalu keras itu tandanya ayam tidak segar dan tidak layak untuk dikonsumsi, dan pastikan jangan membeli ayam dengan tekstur kenyal karena dapat dipastikan ayam tersebut mengandung boraks.

  • Periksa bau ayam 

Biasanya ayam yang segar tidak memiliki bau, dan apabila anda menemukan ayam di pasaran yang berbau janganlah membeli ayam itu karena dapat dipastikan ayam tersebut sudah tidak segar lagi dan dapat diperkirakan, ayam yang bau disembelih biasanya dua hari sebelum di jual. Ayam yang bau biasanya banyak dihinggapi lalat.

  • Perhatikan darah pada ayam 

Anda pasti sudah sangat tau bahwa darah pastinya berwarna merah, ayam yang segar biasanya tidak banyak mengeluarkan darah yang banyak, karena ayam yang mengeluarkan darah banyak biasanya dalam menangani ayam dilakukan dengan cara yang kasar. Dan ayam yang mengeluarkan darah yang banyak janganlah dibeli karena darah sangatlah mudah terkontaminasi dengan bakteri jahat yang tidak baik bagi tubuh kita.

  • Jangan membeli daging ayam yang dihinggapi lalat

Ayam yang segar biasanya lalat tidak suka menghinggapi daging ayam tersebut, jika ada banyak lalat yang mengerumuni daging ayam tersebut maka kita patut mencurigai bahwa ayam tersebut telah diberi boraks dan pemutih pakaian karena lalat menyukai bau boraks dan pemutih pakaian. Lalat yang hinggap di daging ayam bisa jadi lalat tersebut telah bertelur dan bila pada saat proses memasak tidak benar akan mengakibatkan sumber penyakit.

  • Lihat kemasan daging ayam 

Jika anda membeli daging ayam di supermarket perhatikan bungkusnya terlebih dahulu.  Karena ayam yang segar biasanya terbungkus dengan rapi tanpa ada sobekan pada kemasan ayam tersebut. Karena bungkus ayam yang sobek di pastikan bakteri jahat akan bersarang pada kemasan daging ayam tersebut dan menjadikan daging ayam tidak segar lagi.

  • Tekan daging ayam

Cara memilih daging ayam segar selanjutnya. Dengan cara menekan daging ayam tersebut karena ayam yang telah dicampur dengan formalin tekstur daging ayam agak keras, dan biasanya ayam yang diberi formalin berwarna kecoklatan, biasanya daging ayam yang segar berwarna putih kemerah-merahan bukanya coklat. 

Author

admin@swimmingbookies.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *